REFLEKSI BASIS DATA PERTEMUAN KETIGA

Pertemuan ke 3 kami membahaas tentang : 
Konsep pemodelan data :

1.     1.  Model data berbasis objek
       Himpunan data dan relasi yang menjelaskan hubungan logika antar objek.
  •      ERD (Entity Relationship Diagram)

Menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan presepsi bahwa dunia nyata terdiri dari objek-objek dasar yang mempunyai hubungan / relasi antar objek tersebut.
  •         Semantik

Relasi antar objek dinyatakan dengan kata-kata (semantik)
2.      2..   Model data berbasis record
       Model ini mendasarkan pada record untuk menjelaskan pada user tentang hubungan logika antar            data dalam basis data.
  •           Model Relasional 


merupakan model data yang paling banyak digunakan saat ini. Hal ini disebabkan oleh bentuknya yang sederhana dibandingkan dengan model jaringan/network atau model hirarki. Bentuk yang sederhana ini membuat pekerjaan seorang programmer menjadi lebih mudah, yaitu dalam melakukan berbagai operasi data (query, insert, update, delete, dan lainnya).Model Data Relasional adalah model basis data yang menggunakan tabel dua dimensi (yang disebut relasi/tabel).
  •  Model Data Hirarki

Adalah Hubungan antar data direpresentasikan dengan Record dan Link (Pointer). Dimana Record - Record disusun dalam bentuk Tree(Pohon), dan masing - masing node pada Tree tersebut merupakan record/grup data elemen dan memiliki hubungan cardinalitas 1:1 dan 1:M
  •          Model Network

 Model dimana data dan hubungan antar data direpresentasikan dengan record dan links. Perbedaannya terletak pada susunan record dan linknya yaitu network model menyusun record-record dalam bentuk graph dan menyatakan hubungan cardinalitas

SEKIAN DAN TERIMA KASIH